KPU Kendal : Caleg Cerdas Hasilkan Pemilu yang Berkualitas

sulhanudin, 22 Nov 2018, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KENDAL -- Para calon legislatif (Caleg) kontestan Pemilu 2019 perlu memahami seluk-beluk Pemilu yang akan mereka ikuti.

Untuk membekali pemahaman kepemiluan, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kendal menggelar Sekolah Politik di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal, Rabu petang (21/11).

"Kami ajak para caleg untuk belajar tentang aturan main Pemilu langsung dari pihak penyelenggara," ujar Nanang Husni Faruk, Ketua DPD KNPI Kendal.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, output dari Sekolah Politik ini bukan hanya untuk tujuan kontestasi. "Lebih jauh diharapkan dapat menjadi bekal bagi para caleg jika terpilih menjadi anggota dewan mereka sudah memahami Tupoksinya," tegas Nanang.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria yang bertindak sebagai pemateri didampingi Catur Riris Yudi Pamungkas selaku Koordinator Divisi Sosialisasi, memaparkan sejarah Pemilu dan beberapa sistem yang pernah digunakan dalam Pemilu di Indonesia.

Menurut Hevy dalam Pemilu 2019 terdapat beberapa hal baru. Sistem Pemilu masih sama dengan sebelumnya, yakni proporsional terbuka. Namun, imbuhnya, metode penghitungan konversi suara untuk menentukan kursi DPR berubah.

"Jika Pemilu sebelumnya menggunakan metode Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) untuk menentukan jumlah kursi, dalam Pemilu 2019 memakai teknik Sainte Lague untuk mengkonversi suara menjadi jumlah kursi di DPR," terang Hevy.

Sekolah Politik yang diadakan DPD KNPI bekerjasama dengan KPU Kendal diikuti oleh dua puluhan caleg. Mereka berasal dari berbagai partai politik dan daerah pemilihan di tingkat kabupaten.

Dari kegiatan ini, Hevy berharap para caleg memahami aturan main Pemilu yang akan mereka ikuti. Selain itu, para kontestan dapat berkompetisi secara fair sehingga Pemilu yang berkualitas dapat diwujudkan.

Sebelumnya, kegiatan yang sama diadakan DPD KNPI bareng Bawaslu Kendal dengan topik pembelajaran hukum kepemiluan.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu